Mengetahui Prodi Administrasi Bisnis Lebih Dekat

Mahasiswa Vokasi UB Raih Juara pada Pemilihan Putera Puteri Pendidikan 2021 Jatim
July 12, 2022
Wisudawan Terbaik Periode I & II Tahun Akademik 2021 2022 Pada Pelaksanaan Wisuda Pendidikan Vokasi Universitas Brawijaya
July 12, 2022

Mengetahui Prodi Administrasi Bisnis Lebih Dekat

Program Studi Administrasi Bisnis adalah salah satu program studi di Vokasi Universitas Brawijaya yang  bertujuan menghasilkan tenaga Ahli Madya Administrasi Bisnis yang  memiliki pengetahuan, ketrampilan, kompetensi dan keahlian dalam
 bidang administrasi di sektor bisnis dengan memberikan pelayanan secara prima dan dapat mencetak tenaga-tenaga yang mahir, terampil, kompetitif dan dapat bersaing di era pasar global dan memiliki etika moral yang tinggi yang didukung kemampuan teknologi informasi, komunikasi serta memiliki sikap kerja yang professional.
Program Studi Administrasi Bisnis terbagi menjadi beberapa bidang minat   :
  1. Minat Administrasi Perkantoran dan Sekretaris
  2. Minat Administrasi Hukum
  3. Minat Public Relations
  4. Minat Perpustakaan dan Kearsipan
  5. Minat Business English
VISI
Menjadi penyelenggara pendidikan vokasi dibidang administrasi bisnis yang bermutu, unggul dan diakui oleh masyarakat di tingkat Nasional serta mampu menghasilkan lulusan yang cerdas, kreatif, memiliki kompetensi di bidang administrasi bisnis yang profesional, dan mampu memanfaatkan ipteks pada tahun 2024.
MISI
1)       Menyelenggarakan pendidikan untuk menumbuh-kembangkan kepercayaan diri peserta didik menjadi insan cerdas, kreatif, kompetitif sehingga tercapai kompetensi dalam Program Studi Administrasi Bisnis
2)       Menyelenggarakan penelitian untuk menghasilkan karya ilmiah dan hasilnya disebarluaskan untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang administrasi bisnis
3)       Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat melalui pemanfaatan ilmu dan pengetahuan di bidang administrasi bisnis
4)   Menyelenggarakan manajemen program studi dengan melakukan perencanaan, pengorganisasian, proses dan pengawasan secara terus-menerus dan berkesinambungan
PENGUASAAN PENGETAHUAN
  1. Menguasai konsep dan dapat menerapkan keadministrasian yang didukung oleh teknologi informasi terkini untuk menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi di kantor;
  2. Menguasai konsep dan dapat menerapkan pengelolaan dan administrator di sektor bisnis untuk menyelesaikan  masalah perkantoran berstandar internasional;
  3. Menguasai konsep dan dapat menerapkan prinsip  perencanaan, pengorganisasian, pengendalian dalam fungsi operasional bisnis dan dapat mengoptimasi dengan dukungan teknologi informasi terkini;
  4. Menguasai konsep dan prinsip  pengambilan keputusan secara tepat berdasarkan data dan informasi dalam memilih berbagai alternatif penyelesaikan baik secara mandiri maupun berkelompok;
  5. Menguasai konsep dan prinsip perencanaan, pelaksanaan, dan mengendalian kantor menunju pengelolaan bisnis yang berbasis teknologi informasi;
  6. Menguasai pengetahuan tentang strategi berkomunikasi bisnis dan perkantoran dengan dukungan media aplikasi-aplikasi terbaru;
  7. Menguasai dan dapat menerapkan pengetahuan tentang perkembangan teknologi terbaru yang dapat mendukung dalam pengelolaan kantor;
  8. Dapat melaksanakan sistem dan prosedur dalam suatu operasional kantor dalam mendukung pengelolaan kantor modern.
KETERAMPILAN UMUM
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakukan pekerjaan bisnis serta sesuai  dengan standar kompetensi kerja bidang administrasi bisnis;
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur bidang administrasi dan bisnis di perkantoran;
  3. Mampu mengkaji kasus penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi pada administrasi bisnis yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang bisnis dalam rangka menghasilkan prototype, prosedur baku, desain bisnis , produksi dan pemasaaran;
  4. Mampu menyusun hasil kajian administrasi dan bisnis dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan prosedur standar,spesifikasi desain, persyaratan keselamatan dan keamanan kerja dalam melakukan supervisi dan evaluasi pada pelaksanaan bisnis skala UMKM;
  6. Melakukan supervisi dan evaluasi pada pelaksanaan administrasi dan bisnis;
  7. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerjasama dan hasil kerjasama didalam maupun di luar lembaganya;
  8. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan bisnis  yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  9. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
KETERAMPILAN KHUSUS
1)    Menguasai konsep teoritis tentang prinsip bidang administrasi dan bisnis berbasis teknologi informasi.
2)    Menguasai konsep teoritis dalam penyelesaian masalah dalam bidang administrasi dan bisnis.
3)    Mampu merancang dan mingimplementasikan sistem informasi bisnis.
4)    Mampu merancang keuangan bisnis dan mengukur kinerja keuangan.
5)    Mampu menggunakan model-model metode perancangan bisnis
PROSPEK KARIR KEDEPAN
o  Staff Administrator : mampu melaksanakan kegiatan di lingkup perkantoran sebagai administrator di sektor bisnis baik bidang pajak, perbankan, dan akuntansi.
o  Senior Administrative Assistant : Asisten Ahli Madya yang mampu menjadi asisten manager kantor dalam melaksanakan kegiatan merencanakan, melaksanakan, mengatur, dan mengawasi kegiatan kantor;
o  Sekretaris : Asisten Ahli Madya mampu melaksanakan kegiatan kantor baik yang clarical maupun yang non clarical
o  Wirausahawan : memiliki kemampuan teknis keahlian, jiwa dan etika berwirausaha dan berbisnis.
o  Selain itu dapat bekerja sebagai Customer Service Officer, Public Relation Officer, Office Supervisor, Sekretaris Profesional, Arsiparis, Pengelola Informasi dan Dokumen
*Keterampilan yang dibutuhkan untuk mendapatkan posisi administrative professional, meliputi communication skills (listening, speaking and writing), human relation skills, decision making skills, technology skills, dan life-long learning skills.
Bagi kalian yang ingin masuk Program Studi Administrasi Bisnin, dalam waktu dekat ini akan dibuka Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Prestasi, Maka jangan lupa sampai ketinggalan informasi terbarunya

Comments are closed.

English English Indonesian Indonesian