Profil

PROFIL LULUSAN

Profil Lulusan dari Program Studi Kesekretariatan adalah:

Sebagi Administrator yang mampu melaksanakan kegiatan di lingkup perkantoran sebagai administrator di organisasi sektor public maupun sektor private

ProfilDeskripsi Lulusan
Administrative AssistantTerampil di bidang administrasi perkantoran dan kesekretarisan yang didukung kemampuan teknologi informasi, komunikasi, serta memiliki sikap kerja yang profesional.
Public Relation OfficerMenjadi  Public Relation Officer  yang terampil di bidang komunikasi dalam membangun dan membina hubungan dengan publik.
Customer Service OfficerMenjadi  Customer Service Officer  yang terampil dalam melayani pelanggan secara prima.
Office SupervisorMenjadi  office supervisor  yang terampil melakukan supervisi pada aktivitas perkantoran dan kesekretariatan yang didukung kemampuan teknologi informasi dan komunikasi.

CAPAIAN PEMBELAJARAN

  • Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan ilmu administrasi kantor.
  • Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan ilmu manajemen.
  • Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan ilmu komunikasi.
  • Menguasai konsep teoritis bidang teknologi informasi.
  • Menguasai konsep teoritis bidang kearsipan.
  • enguasai konsep teoritis etika profesi.
  • Menguasai konsep teoritis terkait dengan korespondensi.
  • Menguasai konsep teoritis bahasa Inggris.
  • Menguasai konsep K3 Perkantoran.
  • Menguasai konsep teoritis dasar-dasar akuntansi.
  • Menguasai konsep teoritis bidang kehumasan.
  • Menguasai konsep teoritis bidang pelayanan.
  • Menguasai konsep teoritis manajemen sumber daya manusia.
  • Menguasai konsep teoritis kepemimpinan.

Adapun kompetensi utama lulusan PS.DIII Kesekretariatan adalah :


  • Mampu membuat berbagai jenis surat bisnis atau dinas secara ringkas, tepat, lengkap, dan menggunakan bahasa yang santun sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis maupun pemerintahan;
  • Mampu mengelola dokumen meliputi kegiatan mengumpulkan, mengelompokkan, menyimpan, memelihara dan menyediakan informasi dengan cepat dan akurat sesuai dengan standar operasional prosedur meliputi:
    1. Arsip dalam bentuk hardcopy dan softcopy;
    2. Surat elektronik dan surat konvensional;
    3. informasi bisnis lainnya yang diperoleh dari berbagai sumber (media cetak, elektronik, internet) sesuai kebutuhan organisasi;
  • Mampu mengelola kegiatan pimpinan, meliputi:
    1. Perjalanan dinas pimpinan yang memuat informasi lengkap dan terkini meliputi perjalanan dinas domestik maupun luar negeri;
    2. Jadwal kegiatan pimpinan yang memuat informasi lengkap dan terkini baik secara konvesional maupun dengan menanfaatkan teknologi secara efektif;
  • Mampu mengidentifikasi, merencanakan, dan menyediakan berbagai kebutuhan dalam penyelenggaraan rapat secara akurat dan terperinci sesuai dengan jenis rapat/pertemuan yang dilakukan;
  • Mampu menerjemahkan instruksi pimpinan menjadi naskah surat, dokumen, dan bentuk informasi yang lengkap dan akurat
  • Mampu berkomunikasi secara lisan dan tulisan dalam pekerjaan administrasi perkantoran dengan menggunakan bahasa Indonesia pada tinggkat unggul *) dan minimal satu bahasa internasional dengan kemampuan pada tingkat menengah (intermediate)**);
  • Mampu berbicara di depan publik sesuai dengan tugas, wewenang, dan tanggung jawab yang diberikan untuk menciptakan citra dan reputasi yang baik di masyarakat
  • Mampu memberikan pelayanan terbaik (pelayanan prima) dengan sikap, perhatian, dan tindakan yang tepat dalam lingkup pekerjaan dan tanggungjawabnya sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) organisasi;
  • Mampu mengelola dan membuat laporan kas kecil (Petty Cash) secara periodik sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) organisasi;
  • Mampu menyusun laporan kegiatan/proyek secara tepat dengan menyajikan fakta dan bukti yang relevan dengan masalah atau isu spesifik dari laporan serta menggunakan sumber atau rujukan sesuai permintaan pimpinan;
  • Mampu mempersiapkan bahan presentasi dan menyajikannya secara menarik dan berkualitas dengan memanfaatkan teknologi informasi;
    1. Mampu menyelesaikan pekerjaan dengan memanfaatkan:
    2. Sarana komunikasi (telepon, faksimili, email, dan perangkat lunak komunikasi terkini);
    3. Peralatan kantor sesuai jenis dan fungsinya untuk menjalankan tugas profesinya;
    4. Program aplikasi berbasis teknologi informasi dengan: mengoperasikan program aplikasi komputer seperti perangkat lunak pemroses kata, pengolah angka, pengolah data, pengolah bahan presentasi, desktop publishing, dan pengolah arsip digital;
  • Mampu menerapkan prinsip keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di perkantoran sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP).

KOMPETENSI PILIHAN

English English Indonesian Indonesian